Monday, April 11, 2016

PENGERTIAN SEPAK BOLA

Wawasan tentang sepak bola

Sepak bola
adalah cabang olahraga bola kaki yang merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler seantero jagad cabang olahraga yang dimainkan secara beregu dengan masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain dan satu wasit yang berperan sebagai pengadil lapangan . dengan durasi waktu permainan yang cukup lama dengan sistem piont selain itu sejarah juga mengatakan bahwa cabang olahraga sepak bola juga memiliki perkembangan srana dan prasarana yang sangat baik dari segi teknis maupun non-teknis .

Cabang olahraga yang identik dimainkan oleh kaum pria ini memiliki cara bermain yang sangat sederhana namun sangat menghibur aksi-aksi dari aktor lapangan hijau pun tak tanggung-tanggung dalam memberikan hiburan dan permainan yang sangat atraktif. cabang olahraga yang satu ini dimana dalam permainan menggunakan sebuah bola yang terbuat dari karet yang terisi dengan angin kemudian diperebutkan dua tim didalam sebuah lapangan berumput yang berukuran cukup besar baca juga ukuran lapangan sepak bola , selain itu permainan ini dimainkan oleh dua tim masing-masing tim terdiri dari sebelas pemain satu  orang berperan penuh menjaga gawang dari bobolan bola serangan dari pihak lawan sepuluh lainnya berperan menyarangkan bola ke jaring /gawang lawan , kesepuluh pemain ini secara umum terbagi menjadi 8 bagian dengan tugas dan kewajiban menjaga lini masing-masing sesuai dengan posisi pemain :
  1. Penjaga gawang/Keeper sebagai penjaga gawang
  2. Bek/Defender sebagai pemain bertahan
  3. Gelandang/Playmaker  berperan sebagai pengatur alur serangan
  4. Pemain sayap/Wingger yang berperan sebagai pemain umpan
  5. Pencetak gol/Sraiker pemain yang berberan penuh memasukkan bola ke-gawang lawan
  6. Satu pemain berperan sebagai seorang kaptain tim
  7. Dan wasit sebagai pengadil pertandingan
  8. Pelatih/Coach yang berperan sebagai ahli atur strategi permainan tim
Seiring berkembangnya dunia per-sepak bola-an dari jaman ke jaman yang mulai mendunia begitu banyak pula event kompetisi yang bergulir semakin ketat dan modern. disinilah bermunculan penyempurnaan sistem pertandingan dan penambahan fungsi pemain dari lini kelini karena adu keterampilan strategi tak tik jitu dari seorang choach yang berperan mengatur strategi sebuah tim untuk menggapai sebuah kemenangan.
perkembangan cabang olahraga sepakbola kian mengesankan sejarah telah berubah dulu sepak bola yang dimainkan di kampung-ke kampung kini menjelma menjadi salah satu permainan cabor yang terpopuler di seluruh dunia dengan tampilan laga yang elegan.
tak beda jauh dengan perkembangan cabang olahraga sepakbola di indonesia meski bukan asli cabang dari nusantara namun olahraga ini telah membiokot diberbagai kalangan masyarakat nusantara. 

Dalam cabang olahraga sepak bola FIFA (Federation of International Football Assosiation) adalah induk tertinggi sepak bola yang berperan memberikan dukungan penuh dalam perkembangan sepak bola selain itu beberapa peraturan resmi yang telah baku dan diterapkan di semua event pertandingan baik itu kelas amatir , nasional hingga tarap internasional.
sebagai penggemar cabang olahraga sepakbola sudah semestinya kita memahami segala perkembangan dan peraturan yang baku sehingga selain menjadikan tambahan wawasan tentang sepakbola juga menjadi motivasi lebih untuk menjadikan olahraga yang dulu hanya sekedar hoby dapat kita kembangan menjadi tempat menggali prestasi.

Adapula induk tertinggi sepak bola yang berperan penuh memberikan kebijakan dan peraturan sepak bola, berikut beberapa hal penting tentang sepak bola dan peraturan baku /resmi FIFA untuk cabang olahraga sepak bola internasional yang harus kita ketahui:
  1. Sejarah sepak bola
  2. Peraturan sepak bola
  3. Peran dan tugas pemain sepak bola
  4. Ukuran lapangan sepak bola
  5. Panjang lapangan sepak bola
  6. Luas lapangan sepak bola
  7. Tinggi gawang sepak bola
  8. Lebar Gawang sepak bola
  9. Ukuran bola
Diantara sembilan hal yang harus kita ketahui diatas juga ada hal yang lebih penting lagi , yaitu memahami secara langsung segala kondisi dilapangan dan mempraktek kan keseluruhan secara langsung jika kita memahami hanya dengan teori , maka itu sangat sulit. coba dan peragakan pelajari dan lakukan maka kita akan dapat ilmu yang bermanfaat kedepannya karena setiap waktu memiliki rahasia tersendiri.

Sekian semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon