Tuesday, April 12, 2016

SEJARAH SEPAK BOLA

Kembali kepengertian sepak bola kaki

Wawasan seputar sepak bola kaki
Sejarah olahraga sepak bola - merupakan salah satu cabang olahraga terpopuler didunia berbagai moment baik di dalam lapangan hingga diluar lapangan layak untuk dibicangkan terlebih sepak bola bak kiblat semua cabang olahraga dimana sejarah mencatat sepak bola memiliki jumplah penggemar yang sangat besar tingkat fanatic begitu luar biasa dibandingkan dengan cabang olahraga lain selain mejajikan tontonan yang menarik dan atraktif dalam setiap laga atau kompetisi yang dimainkan , sepak bola juga memberikan hiburan yang membawa siapa saja yang melihat nya kedalam tingkat emosional yang bembara, entah siapa dan dari mana asalnya sepak bola ini bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Belom tau asal muasal sepak bola silahkan lanjutkan membaca.




Sebagai sporter gila sepak bola pengetahuan akan sejarah sepak bola sangat lah penting terlebih jika kamu merupakan salah satu fans berat dari salah satu club atau timnas entah lokal maupun internasional .

Awal mula sejarah sepak bola kaki 
dikutip dari link tetangga sebelah paman " Wikipedia "

Konon permainan yang sejenis hampir mirip dengan permainan sepak bola mulai dikenal pertama kali di wilayah asia tepatnya di negara china , sekitar abad ke-2 dan ke-3 festival perayaan adat tradisi kerajaan di wilayah Tiongkok pada masa Dinasti Han dimana dalam perayaan festival itu sekelompok masyarakat melakukan sebuah permainan beregu dengan mengiring dan menendang sebuah bola kulit kemudian berebut memasukan kedalam jaring kecil .permainan serupa dengan kurun waktu yang hampir sama juga dipermainkan di negara jepang dengan nama Kemari. hingga abad ke-16 permainan yang mirip dengan sepak bola ini juga dimainkan di Eropa bahkan diabad ini permainan menggiring bola ini mulai digemari diberbagai kalangan masyarakat pada masa itu.

Seiring perkembangan jaman dan waktu permainan sepak bola ini mulai populer di eropa tepatnya dinegara Britania Raya " Inggris ". , Munculnya sepak bola modern dan diadakannya pertandingan-pertandingan. Hingga pada masa kekuasaan Raja EdwardIII permainan sepak bola ini mulai banyak berkembang dan banyak pula perubahan  , karena dinilai memberikan citra buruk bagi masayarakat inggris , pada tahun 1365 permainan ini sempat dilarang dan bahkan  hentikan , itu tak lepas dari permainan sepak bola yang menjurus kasar dan selalu menimbulkan kekerasan disetiap pertandingan. Nada lontaran yang sama juga diberikan Raja James I dari Skotlandia yang mendukung dihentikannya permainan sepak bola karena menimbulkan dampak buruk bagi siapa saja yang memaikan sepak bola . pada masa itu.

Setelah kurun waktu cukup lama sejak sepak bola dilarang untuk dimainkan di eropa, Sejarah perubahan besar terjadi pada tahun 1815 dimana permainan ini kembali terlahir di lingkungan universitas dan sekolahan saat itu pula sepak bola juga telah dimainkan kembali oleh banyak pelajar, kurun wakru setengah abad sepak bola dimainkan , mulailah berkembang sepak bola dengan gaya modern tepatnya di Freemasons Traven , Tidak ingin sejarah kelam terulang kedua kalinya akhirnya pada tahun 1863 diadakan sebuah perkumpulan dimana dihadiri 11 perwakilan sekolahan dan beberapa club lokal merumuskan beberapa peraturan baku untuk permainan sepak bola.
sekaligus mempertegas bahwa permainan cabang olahraga sepak bola (Soccer) berbeda dengan cabang olahraga Rugby , kemudian pada tahun berikutnya yaitu tahun 1869 permainan sepak bola dilarang membawa bola dengan menggunakan tangan.


Sejarah juga menyebutkan kisah perkembangan sepak bola bisa menyebar kepenjuru dunia adalah Pada tahun 1800-an melalui sekelompak masyarakat yang melaut dari eropa , kemudian para berdagang hingga tentara inggris yang kemudian memainkan sepak bola saat bersandar disebuah pulau atau negara. disitulah awal dari peyebaran permainan sepak bola mulai di kenal diberbagai penjuru dunia tak terkecuali asia hingga nusantara.
Semakin berkembang dan semakin banyak pula kalangan masyarakat mulai menggemari cabang olahraga sepak bola ini , Akhirnya di Paris tepat pada 21 Mei 1904 FIFA ( Federation of International Footboll Association ) yang menjadi induk tertinggi cabang olahraga sepak bola resmi dibentuk.
organisasi ini juga berperan penting udalam kemunculan sepak bola karena berperan sebagai induk tertinggi sepak bola yang berwenang penuh mengeluarkan sistem peraturan dalam sebak bola, Selengkapnya tentang FIFA klik disini

Dan pada awal tahun 1900-an berbagai event kompetisi mulai di gulirkan dengan menampilkan permainan sepak bola modern dan dengan sistem peraturan yang lebih baik "baca peraturan baku dari FIFA untuk cabang olahraga sepak bola info selengkapnya baca disini" bukan hanya diparis dan inggris di berbagai belahan dunia cabang olahraga sepak bola pun mulai populer dengan gaya baru dan hadir dengan sistem peraturan yang lebih baik.

Demikian ulasan ringkas tentang sejarah dan kronologi kisah pasang surut perkembangan cabang olahraga sepak bola , yang dulunya hanya sebuah permainan tradisional klasik bahkan permainan yang konon merusak citra sebuah negara hingga munculnya dilarang dari pihak penguasa untuk dimainkan, justru kini menjelma menjadi sebuah cabang olahraga elegan dengan sistem peraturan yang menarik dan selalu menyajikan gaya permainan yang atraktif menghibur hingga membuat siapa saja yang melihatnya akan terpukau selain itu akan membawa siapa saja yang menikmati permainan sepak bola ini kedalam tingkat emosional fanatisme yang mengebu-gebu sampai tingkat dewa. inilah sepak bola.

"Akan dianggap hebat untuk mahluk yang hidup dialam semesta ini,
 tak lain dan tak mungkin adalah
mereka yang mau menghargai dan peduli dengan sejarah
 dimana dan dari mana mahluk itu berasal"
By:sontoloyo.pn

Sebagai salah satu pengemar cabang olahraga sepak bola sudah sepatutnya kita memahami sejarah sepak bola dimana dan bagaimana permainan ini bisa ada dilingkungan kita. semoga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita . sehingga membuat kita dapat menumbuhkan motivasi tinggi untuk belajar lebih giat lagi demi meraih banyak prestasi untuk pribadi dan bangsa dibidang sepak bola.

Terimakasih selamat  membaca.



EmoticonEmoticon